motor oleng: Bukan hanya karena Komstir lho…

Posted on 18 Juli 2011

1


abay sempat mengalami masa-masa suram bersama cwety, yaitu beberapa bulan mengendarai cwety dengan kemudi yang tidak stabil…

pertengahan bulan mei kemaren abay sempat merasakan ada kejanggalan pada kemudi si cwety ini, yaitu ketika di bawa agak ngebut berasa oleng,,begitu halnya ketika menikung harus bener2 dalam keadaan pelan,,, abay pun coba di selesaikan di bengkel resmi karena kebetulan cwety memasuki kilometer 19.000 dan sudah waktunya service berkala,, abay konsultasi sebelum service dengan mekaniknya, abay bilang mungkin ada masalah di komstir,, namun setelah service selesai, dan mekanik melakukan test ride cwety,,sambil mengembalikan kunci kontak mekanik nya bilang bahwa tidak ada masalah apa-apa dan komstir masih dalam keadaan bagus..

abay pun pulang dengan rasa penasaran, namun setelah di service tadi emang kemudi cwety jadi lebih stabil dari sebelumnya,,berselang beberapa minggu tepat nya beberapa hari setelah pulang anniversary vixus yang ke tiga, penyakit oleng nya kambuh lagi, abay coba pergi ke bengkel langganan (bukan bengkel resmi), setelah di test ride katanya stelan komstir nya terlalu kencang, tidak sempat di bongkat namun stelan komstir agak di longgarkan, dan ternyata lebih enak daripada setelah service di bengkel resmi…

namun hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan, tepatnya sepulang dari bandung untuk menghadiri ultah ke 4 YVCB penyakit itu kambuh lagi dan lebih parah,,, ketika jalanan lurus abay coba lepas tangan namun kemudi langsung oleng,,, dikarenakan kilometer cwety sudah di 21.9xx dan harus segera service berkala kembali.. lagi-lagi dibilang komstir nya ga knapa-kenapa, katanya mungkin tekanan angin ban depan dan belang tidak sesuai,,, ya sudah lah,, dengan penasaran lagi abay pun pulang.. besok nya abay dateng ke bengkel pinggir jalan langganan abay, di tets ride oleh mekanik yang emang sering ngurus cwety, di coba ngebut dan ngerem katanya parah sekali oleng nya,,, abay tanyakan apakah komstir nya, dia bilang bukan… lalu apanya???

terlihat Oli Shock begitu Pekat...

penasaran dengan jawabanya,,,, ternyata benar yang dikatakan mekanik bengkel resmi bahwa komstir cwety baik-baik saja,,, yang jadi kendala adalah….
eng ing eng… (suara genderang di tabuh),,, jawabannya adalah ada di oli shock nya…😀 ketika di bongkar, oli shock nya emang berkurang drastis karena pemakaian bukan karena seal nya bocor, maklum saja setela 22.000kilometer baru diganti,,,kondisi oli nya sangan hitam pekat pertanda sudah tidak layak pakai… tanpa pikir panjang langsung beli oli shock merk showa sebanyak 2 botol.. karena setelah diisi satu botol untuk 2 shock, dirasa masih terlalu empuk makanya beli nya dua, dan itu pun masih sisa sekitar 1/3 botol lagi…

untung saja masalahnya ada di oli shock,, cuma habis sekitar Rp. 60.000 termasuk ongkos jasa dan mimum segelas coffee,, daripada ganti komstir dengan harga tak kurang dari Rp. 300.000 untung komstir yamaha genuine part…

Posted in: About Ride