Pendaftaran Calon Praja IPDN Kota Tasikmalaya

Posted on 29 April 2011

2


PENGUMUMAN
Nomor : 892.1/      /Kepeg/2011
TENTANG
PENERIMAAN CALON PRAJA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI
TAHUN AJARAN 2011/2012

Berdasarkan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor : 892.1/1245/SJ tanggal 06
April 2011, perihal Penerimaan Calon Praja (Capra) IPDN Tahun Ajaran 2011/2012, Surat
Kementerian Dalam Negeri Nomor : 892.1/1131/SJ tanggal 04 April 2011, perihal Petunjuk
Teknis Penerimaan Calon Praja (Capra) IPDN Tahun Ajaran 2011/2012, diumumkan bahwa
Kementrian Dalam Negeri membuka kesempatan kepada Putera/Puteri Warga Negara
Republik Indonesia untuk mengikuti pendidikan Ikatan Dinas di Institut Pemerintahan Dalam
Negeri (IPDN) dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut :
A. PENDAFTARAN
Pendaftaran dilaksanakan setiap hari kerja mulai tanggal 02 s.d. 15 Mei 2011
bertempat di Bagian Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya, Jalan
Letnan Harun No. 1 Tasikmalaya Telp. (0265) 322865.
B. PERSYARATAN
Berkas persyaratan meliputi :
1. Warga Negara Indonesia;
2. Batas usia pendaftaran Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2011/2012 :
· Pelamar umum maksimal 21 (dua puluh satu) tahun;
· Pelamar dari PNS dan Tugas Belajar berumur maksimal 24 tahun dan
mempunyai masa kerja minimal 2 (dua) tahun.
3. Photocopy Ijasah/STTB Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
Lulusan Tahun 2009, dan 2010 bagi pelamar umum (tidak termasuk lulusan
Sekolah Menengah Kejuruan dan Kejar Paket C) dengan nilai minimal rata-rata
Ijasah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) 7,00 (tujuh koma nol-nol) yang
disahkan/dilegalisir oleh Kepala Sekolah, bagi lulusan SMA/MA Swasta harus
disahkan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres/Polresta setempat;
5. Surat Keterangan Kesehatan dari Tim Penguji Kesehatan Pegawai Negeri Sipil atau
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD/Puskesmas setempat), yang menyatakan
berbadan sehat, tidak cacat jasmani/rohani, tidak bertato/bekas tato dan tinggi badan
sekurang-kurangnya 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita;
6. Surat Keterangan tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata/contact/soft
lens minus;
7. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar Pria tidak ditindik atau bekas ditindik
telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat;
8. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan yang diketahui
oleh orang tua/wali dan disahkan oleh Kepala Desa/Lurah Setempat;
9. Surat Pernyataan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang
dinyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,- yang diketahui oleh
orang tua/wali;
10. Surat pernyataan bersedia mengembalikan seluruh biaya selama pendidikan yang
telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dengan
hormat maupun tidak hormat dan/atau melanggar peraturan pendidikan yang
Jalan Letnan Harun No. 1 Tlp. (0265) 322865 Faks. (0265) 330805
T a s i k m a l a y a – J a w a B a r a t
dinyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,- yang diketahui orang
tua/wali;
11. Surat pernyataan bersedia mengikuti proses pendidikan di Kampus IPDN Pusat atau
Daerah yang dinyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,-;
12. Pas photo berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata
menggunakan seragam sekolah/kemeja putih latar belakang tidak ditentukan, ukuran
3 x 4 sebanyak 6 (lima) lembar;
13. Mengisi formulir biodata peserta menggunakan huruf kapital dengan tinta hitam;
14. Bagi pelamar yang masih duduk di kelas XII pada tahun 2011 dilengkapi dengan
Surat Keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan masih duduk di kelas
XII yang ditanda tangani/disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan;
15. Berkas persyaratan dimasukkan ke dalam map warna biru , dibuat rangkap 3
(1 asli, 2 photocopy);
16. Persyaratan yang tercantum pada point 4,5,6, dan 8 disesuaikan dengan domisili
pelamar.
C. TAHAPAN SELEKSI
1. Seleksi administrasi melalui tahapan sebagai berikut :
a) Seleksi administrasi dilaksanakan di Kabupaten/Kota;
b) Tes Psikologi dilaksanakan oleh Lembaga Psikologi yang ditunjuk oleh
Kementerian Dalam Negeri di Ibukota Provinsi;
c) Tes Kesehatan dilaksanakan oleh Tim Penguji Kesehatan Pegawai Negeri
Sipil yang ditunjuk oleh Gubernur. Bagi yang lulus tes kesehatan dilanjutkan
dengan Tes Kesamaptaan yang dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh
Gubernur;
d) Tes Akademik dilaksanakan oleh Panitia Pusat bersama-sama Panitia
Provinsi dengan materi soal dari pusat;
e) Penentuan akhir dilaksanakan oleh Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir)
yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri, sekaligus Tes Kehamilan dan
Tes Narkoba.
2. Materi Tes Akademik terdiri dari : Pancasila dan UUD 1945, Pengetahuan Umum,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika;
3. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur yaitu para peserta dapat mengikuti tahap
berikutnya apabila dinyatakan lulus/memenuhi syarat pada tahap sebelumnya;
4. Bagi pelamar yang pada saat mendaftar masih di kelas akhir Sekolah Menegah
Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dan ternyata tidak lulus atau lulus dengan nilai
rata-rata Ijasah/STTB kurang dari 7,00 (tujuh koma nol-nol) maka secara otomatis
dinyatakan gugur/tidak memenuhi syarat.

Dikeluarkan di : Tasikmalaya
Pada Tanggal : 26 April 2011
WALIKOTA TASIKMALAYA

H. SYARIF HIDAYAT

KETERANGAN
1. Jadwal dan tempat seleksi akan diberitahukan lebih lanjut;
2. Blanko Surat Pernyataan dan Biodata disediakan oleh Bagian Kepegawaian Setda;
3. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Kepegawaian Setda Kota
Tasikmalaya Jalan Letnan Harun No. 1 Tasikmalaya Telp. (0265) 322865.

Posted in: IPDN, Tasikmalaya