Minarelli “Mesin Lokal yang Merambah Dunia Internasional”

Posted on 20 April 2011

2


Bagi sebagian pecinta otomotif pasti tidak akan asing jika mendengar istilah “minarelli”, yuph…minarelli perusahaan pembuat mesin motor yang dijadikan anak perusahaan oleh Yamaha Factory ini awalnya disangka dibuat oleh perusahaan eropa, ternyata semua anggapan itu salah. Seperti di ulas oleh di http://motorplus.otomotifnet.com/ dimana menyebutkan bahwa mesin yang serupa mesin Yamaha V-Ixion ini di produksi di Indonesia.

Regulasi Eropa Tidak Memungkinkan Produsen Untuk Mencantumkan Negara Produsen

Adalah PT. Chemco Harapan Nusantara (PT. CHN) yang membuat mesin ini, bukan hanya komponen nya saja, namun PT. CHN membuat mesin ini secara utuh, yakni Mesin SOHC satu silinder dengan 4 klep dan umumnya dilengkapi dengan Radiator berpendingin air. Masyarakat pada umumnya mengenal PT. CHN ini sebagai produsen pembuat barang-barang pendukung OEM, seperti perangkat Rem dan Velg, disamping itu juga PT. CHN memproduksi motor secara utuh yang di pasarkan pula di Eropa, mengingat hal ini kita patut bangga. Namun dengan sedikit penyesalan yang ada, hanyalah dikarenakan Regulasi atau Undang-undang Eropa yang terkait, memungkinkan setiap produsen tidak bisa mencantumkan nama negara asal produk, yang ada hanya kode produksi barang itu saja.

Yamaha YZF-R125 merupakan salah satu motor fenomenal di Eropa yang memakai mesin Minarelli

PT. CHN ini memproduksi mesin minarelli dengan bermacam-macam kubikasi, dari yang berkapasitas 125cc yang dipakai oleh si Fenomenal YZF-R125 dan Rieju serta MH Motorcycle, untuk mesin yang berkubikasi 135cc seperti kita ketahui yaitu Yamaha Jupiter MX lah sebagai pemakainya, sedangkan untuk kubikasi 150cc dipakai pada si Giant Killer Yamaha V-Ixion dan YZF-R15.

Rieju dan MH Motorcycle Juga Memakai Mesin Minarelli

Sejatinya, Motori Minarelli adalah sebuah perusahaan pengembangan mesin sepeda motor yang didirikan sejak 1951. Pada tahun 1995, Motori Minarelli menjadi suplayer mesin untuk Yamaha di Spanyol. Lalu pada tahun 2002, Yamaha membeli saham Motori Minarelli dan menjadikannya pusat pengembangan mesin.

Tapi pada perjalannya, Motori Minarelli juga menjual mesin-mesin buatannya kepada pabrikan-pabrikan sepeda motor kecil di Eropa

Posted in: About Ride