Filosofi Tali Kur IPDN

Talikur Sebagai Lambang Pimpinan

Tali Kur, mungkin orang awam tidak akan penah mengerti maksud dari arti Tali Kur, namun jika bertanya kepada seseorang yang pernah mengenyam pendidikan yang bersifat kedinasan, atau pendidikan militer seperti Polisi, TNI, ataupun semi militer layaknya Resimen Mahasiswa atau biasa dikenal dengan MENWA ini, pastinya mereka akan segera mengerti akan istilah Tali Kur ini.

Sebenarnya apa sih talikur itu???? Tali Kur, jika dilihat dari fisiknya hanya seutas rangkaian tali yang di pakaikan pada bahu kanan atau kiri, Tali Kur ini berasal dari kata Tali dan Kur, Tali sendiri ga usah kita bahas karena semua pasti tahu apa itu tali, bener kan??? nah Kur nya ini berasal dari kata Koor, atau koordinator. jadi menurut kosa kata Tali Kur adalah Tali yang dipakai seorang koordinator…ckckckck. Bagi abay tali kur ini berarti sebuah tanda/lambang tanggung jawab yang dipakai agar si pemimpin merasa mempunyai tanggung jawab besar sehingga akan menjauhi dari yang namanya defiasi.

Alur/ Rangkaian talikur IPDN tidak boleh sembarangan

Di IPDN sendiri ada berbagai jenis tali kur, ohh..tidak jenis talikur di IPDN hanya satu sebenarnya, yang bermacam-macam hanyalah warna nya, rangkaiannya pun tidak sembarangan karena sudah ada ffilosofi nya. okei kita masuk ke filosofi, filosofi talikur sendiri sudah abay jelaskan di introduksi barusan, yakni sebagai lambang/simbol kepemimpinan, sekarang kita masuk ke rangkaian tali kur ini, liat gambar di samoing berikut…

kita lihat, ada beberapa rangkaian bukan??? sepintas mungkin itu hanya rangkaian biasa namun didalamnya jika kita mengetahui seluk beluk yali kur ini tersimpan makna yang mendalam, pertama coba liat di bawah bintang pangkat ada lilitan warna biru 3 kali dan warna kuning 4 kali, jika dijumlahkan berarti menjadi 7 lilitan, dalam sistem kepemimpinan praja IPDN talikur haruslah memiliki lilitan ini, 7 lilitan melambangkan kepada Sapta Abdi Praja (7 sikap pamong praja), lilitan Sapta Abdi Praja ini pada awalnya ada yang vertial, diagonal dan horizontal, lilitan ini boleh menempel langsung pada anyaman tali kur boleh juga menempel pada pakaian dinas, pada awal nya penembapat posisi lilitan ada maknanya, yakni jika lilitan berdiri berarti yang memakai adalah seorang pimpinan, jika lilitan diletakan miring berarti dia seorang wakil atau berada di bawah pimpinan, dan jika dalam keadaan mendatar artinya staff pimpinan, namun ada jokes diantara praja IPDN yakni jika berdiri berarti sudah berpasangan, miring dalam tahap pendekatan dan mendatar artinya jomblo…ckckck ada-ada saja…

next, setelah lilitan tersebut coba lihat dibawah lambang SAR ada rangkaian yang berjumlah lima kelokan, hal ini menandakan bahwa praja IPDN menjunjung tinggi nilai-nilai PANCASILA, lima kelokan ini bisa berupa 3 kelokan kecil dan 2 kelokan besar, bisa juga berupa 5 rangkaian kelokan besar (5 rangkaian kelokan jika dipasang akan sangat panjang hingga jika dihitung semua akan ada 10 kelokan), pamasangan kelokan ini tergantung sudut pandang si perangkai talikur ini, well setelah itu kita lihat kembali ada 3 bulatan tali kuning dengan background tali biru, rangkaian ini bermakna jika sistem pendidikan di IPDN menitik beratkan pada 3 aspek penting yaitu, Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan yang dikenal dikalangan civitas akademika IPDN dengan sebutan tri tunggal. terakhir dalam rangkaian talikur harus terdapat NESTEL, nestel ini bentuknya merupakan miniatus dari Tongkat Komando yang sering dibawa oleh seorang Perwira TNI atau POLRI, mengapa miniatur, karena talikur biasanya dipakai di saat pendidikan bukan di dunia nyata, Tongkat Komando menandakan bahwa yang memiliki tongkat komando tersebut adalah seorang Perwira, begitupun yang memiliki Nestel pada talikurnya adalah seorang Perwira.

Pemakaian Talikur Pada Baju Seragam Dinas

hehehehe…poto siapa nih di pinggir??? jadi malu, poto terakhir memperlihatkan bagaimana tali kur ini dipakai oleh seorang Praja, sebtulnya rangkaian tali kur yang asli tidaklah serumit yang abay pakai, yang asli hanya berwarna kuning dengan list biru pada pinggiran anyamannya, namun karena abay ingin tampil beda maka abay rangkailah yang seperti gambar ini, hanya satu-satunya di IPDN kala itu.

apakah warna nya hanya itu???? oh..tentu tidak, ada bermacam-macam warna, nanti lah kita bahas diartikel selanjutnya. Perlu pembaca ketahui, di lingkungan IPDN segala sesuatu pasti ada filosofi nya, dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki serta pernak-perniknya yang tentu saja akan abay bahas…

89 Responses “Filosofi Tali Kur IPDN” →
  1. WAH ANE GA PERNAH PAKE TALIKUR :NOHOPE:
    :MRGREEN;

    Balas
  2. WAH ANE GA PERNAH PAKE TALIKUR :NOHOPE:
    :MRGREEN:

    Balas

  3. okta

    8 Mei 2011

    om abay, saya mau tanya, itu bikin tali kur nya biar bisa lekuk2 gitu gimana ya? kok bisa kaku dan menempel gitu. apa di selipin kawat ya om. mohon infonya. trims

    Balas

    • bayuonvixion

      9 Mei 2011

      bisa pake kawat tembaga ukuran diameter 2 milimeter,,,,pasang sendiri,,,

      bisa juga beli talikurnya yang udah pake kawat….

      owh iya,,,biar bisa nempel di baju bisa pake peniti di balik seragam nya…

      Balas
  4. Tali kur itu terbuatnya dari tali apa kak?

    Balas
  5. Ralat,maksudnya bahan apa…

    Balas

    • bayuonvixion

      30 Mei 2011

      jelasnya gak tw tuh tali bahannya dari apaan,,,,
      kurang lebih seperti tali yg dipake anak2 pecinta alam tuh,,,di dalem tali nya ada tali lagi…
      klo yg kaku di tambahin kawat lagi di dalemnya….

      Balas

  6. randy dandel

    17 Juni 2011

    wah bagus juga seragamnya

    kapan yah bisa pake

    Balas
  7. Bang bayu tolong kirimin foto model/bentuk dari tali kur dong, dan makna yang terkandung pada bentuknya….. Selain model dari IPDN

    Balas

    • bayuonvixion

      12 Agustus 2011

      klo untuk itu coba masuk ke blog nya akpol ato akmil…
      setahu saya akpol sama akmil juga pasti memberlakukan model 3 lingkaran yang mana itu meliputi pengajaran,,,pelatihan dan pengasuhan….

      sisa nya memiliki filosofi tersendiri,,,

      Balas

  8. Ach afandi

    16 November 2011

    Bang saya mau tanya , , , ?

    Sebenernya ada brapa sich warna talikur itu
    dan tolong beritahu arti2 dari warna tersebut

    trima kasih

    Balas

    • bayuonvixion

      16 November 2011

      talikur buat di sekolah mana nih????

      klo di IPDN saya tw,,,

      tp klo di sekolah lain saya kurang tw….

      Balas

  9. Yayu faridah

    22 November 2011

    Kaka saya mw minta pendapat bgus’y tali kur yg bwt unit protokol kya gmna?
    Protokl’y ank pramuka..

    Balas

    • bayuonvixion

      23 November 2011

      setahu saya untuk di pramuka ga ada aturan tersendiri untuk bentuk pemakaian talikur ya….

      nah bisa disesuaikan sedniri dengan pilosofi di ke protokolan pramuka atau pilosofi di pramuka itu sendiri…

      Balas
  10. Untuk d ipdn, warna talikurny dn fungsiny ap aja kang?

    Balas

    • bayuonvixion

      12 Januari 2012

      oh iya,,,
      ada banyak tuh warna nya…

      merah, hitam, biru, kuning, putih…

      nanti ada artikel lain ya…

      saya belum sempet nulis lagi…

      Balas

  11. Harun Alrasid

    9 Maret 2012

    mas apa arti dari talikur itu selalu begitu , ,
    atau bisa berbeda ??
    contoh ,
    lilitan yang dibawah pangkat ada 17 lilitan ,yang artinya itu tahun kemerdekaan indonesia .

    Balas

    • bayuonvixion

      9 Maret 2012

      bisa berbeda kok mas…
      tergantung filosofi apa yg di pakai…
      tergantung filosofi sekolah atau instansi yg menggunakan….

      Balas

  12. lukman

    10 Maret 2012

    kak aku mau nanya ni…
    aku kan sekolah dikelautan…
    jadi pakaian aku kurang lebih kayak pakaian yang kakak pakailah…
    aku mau nanya apa sih arti dari tali kur warna hitam yang bisnya kuning…???
    mhon diblas ya kak…..
    trus aku juga mau nanya…
    apa bisa anak kelautan kayak aku yang punya minat ke IPDN/STPDN ni bisa nyambung ksana???

    Balas

    • bayuonvixion

      11 Maret 2012

      seeeppp…
      aku jelasin dikit ya…

      klo di IPDN,,talikur hitamdengan list kuning, dipake olah para anggota dewan perwakilan praja..atau DPP kami istilahkan…

      yg arti filosopi nya hitam itu hukum dan tidak bisa dipengaruhi apapun…jadi artinya teguh pendirian dalam penegakan dan pembuatan hukum…

      kuning itu sinar matahari,,artinya menyinari, mengayomi,,memberi pencerahan…

      so filosofi anggota dewan disini,,,dalam membuat peraturan/hukum/atau undang2 di dalam kehidupan praja, tidak dipengaruhi kepentingan kelompok/individu, serta setiap anggota dewan atau produk hukum yg di hasilkan oleh dewan di maksudkan untuk melindungi, mengayomi, memberi pencerahan kepada praja…

      nah last answer..
      setiap warga negara indonesia, lulusan SMA/MA umur minimal 18 tahun maksimal 21 tahun berhak mengikuti seleksi penerimaan praja…

      Balas

      • lukman

        12 Maret 2012

        makasi ya kak atas penjelasanya….
        tapi ada sdikit …
        dengar2 kbr katanya ank lulusan smk ngk bisa masuk ipdn tu do….
        gmana sbenarnya ka???


      • bayuonvixion

        13 Maret 2012

        iya bener…

        klo SMK emang gak bisa…


  13. lukman

    13 Maret 2012

    tapi SUPM kok bisa kak????
    sdangkan smk kelautan aku sama aja kayak SUPM ….
    kami sama2 kelautan…

    Balas

    • bayuonvixion

      14 Maret 2012

      gitu ya…

      itu mereka lolos jd praja atau cuma ikut test saja???

      Balas

  14. wardan

    14 Maret 2012

    yang pernah make kur dan tongkat komando pastinya merasa bangga….gw sempat merasakan di stp……..keren banget………..sangat dihormati dan penuh dengan wibawa.

    Balas

  15. lukman

    15 Maret 2012

    masuk praja kog….

    Balas

    • bayuonvixion

      16 Maret 2012

      coba aja dulu…
      cuma sejauh yang saya ketahui, hanya untuk SMA/MA…

      Balas

  16. fajar

    8 April 2012

    pareasi talikurnya yang lebih ribet dong

    Balas
  17. kak aku mau tanya,,,,,, pasti likukan tali kur ada maksud tertentu kan,,,, gx asal,,,,

    Balas

  18. H 45 UK

    17 April 2012

    Bhineka Nara Eka Bakti

    Balas
  19. tali koor yg orng kakak gnakan itu jenisnya paan kag , soalnya kan banyak jenis tali koor kag ???/a

    Balas

  20. hendraa

    24 April 2012

    kak arti dri warna merah,ijo, ptih, tu a pya

    Balas

  21. dikha

    2 Mei 2012

    ka, saya mau tanya, kalo tahun 2012 lulusan smk boleh masuk ipdn engga ka, ?

    tolong d jawab ya ka, soalnya saya udh tanya sana-sini blum ada jawabn’y, malah hampir putus asa, jwab’y lewat blog ini lagi ya ka, ,

    Balas

  22. dikha

    2 Mei 2012

    ka, mau tanya, kalo lulusan smk buat taun 2012 ini bisa masuk ipdn engga, ?

    tolong jawabn’y ka, jwbn’y lewat blog ini ajh deh, ,

    Balas

  23. rangga

    2 Mei 2012

    smk teknik informatika boleh masuk ipdn engga ?

    Balas

    • bayuonvixion

      2 Mei 2012

      setahu saya aturan untuk penerimaan praja IPDN dari SMA/MA,,,tapi gak tw aturan tahun 2012…

      Balas

      • rangga

        2 Mei 2012

        oh, gitu ya ka !
        emang peraturan tiap tahunnya berubah ka ?


      • bayuonvixion

        3 Mei 2012

        yuph…
        beda sih tpi dikit2 aja beda nya…
        cuma ya itu tadi klo peraturan input nya dari dulu SMK emang tidak di ikutsertakan…


  24. rangga

    3 Mei 2012

    pndaftrannya udh d buka blum ka ?

    oh iya, nanti kalo ada informasi mengenai pndaftaran dan keputusan kemendagri tentang lulusan yang boleh masuk ipdn, ka2 posting ya !

    soalnya kpengen banget masuk ipdn ka !

    Balas

    • bayuonvixion

      4 Mei 2012

      siap ndan….

      Balas

      • rangga

        4 Mei 2012

        semangat ka !

        makasih yo, ngomong2 ka2 masih d ipdn apa udah purna praja ka, ?


      • bayuonvixion

        8 Mei 2012

        purna praja…

  25. keren banget..

    Balas
  26. dalam penggunaannya di ambalan atau pangkalan boleh berbeda dari pangkalan lain atau ada aturannya kak??

    Balas

    • bayuonvixion

      5 Juni 2012

      biasa nya tiap ambalan/pangkalan/sekolah kedinasan mempunyai filosofi tersendiri yg secara tidak langsung akan mempengaruhi bentuk talikur itu sendiri…

      Balas
  27. aq pesen tali kur satu dong kak warna putih lis biru

    Balas

    • bayuonvixion

      5 Juni 2012

      mw beli????
      biasa nya di tempat aksesoros kemiliteran juga banyak…

      Balas

  28. Nho Lapanblas Pacebook

    20 Juni 2012

    kk bayu itu ko kh???hahaaaay
    info yg bagus…skalian dgn warna2′y lah…
    sa pu ade2 ni payah klo d tny soal filosofi…ooo mak

    Balas

    • bayuonvixion

      22 Juni 2012

      waahhhh…
      paceeee….

      itu ko kahhh….

      iya, nanti sa bikin artikel tentang warna2 nya sekalian…

      belakangan ini sa lagi malas nulis…

      Balas
  29. cara untuk memperkecil lingkaran di lengan gmna…..??
    supaya anyaman dan kuningan’y gax rusak

    Balas

    • bayuonvixion

      12 Juli 2012

      setahu saya sih ukuran talikur itu udah universal untuk di baju PDH…
      nah agar gak ngerusak paling di pemasangan nya di usahakan se rapih mungkin..

      Balas
  30. kng mao tanya ni
    klo kita melngkukn tali kur tu kan ada bekas ya terus gimana
    caranya supaya rapi di baju lengkunagn ya terlihat bualat

    nah klo cara ya biar nempel di baju tu gimna saya bingung
    soal ya kebertan di peluit ya……….. maksai

    Balas

    • bayuonvixion

      20 Juli 2012

      klo saya untuk membentik suatu bulatan sempurna,,
      saya pakai tabung parfume saya,,,tapi ingat yang bisa bulat sempurna talikur yg ada kawat nya…

      setelah terlihat sempurna,,titik temu bulatan saya jahit pakai benang…

      untuk menempel di baju saya gunakan peniti kecil…

      ketika memakai talikur di seragan saya, tak kurang dari selusin peniti yang menempel di balik seragam saya…

      Balas

      • bg.kozoet

        21 Juli 2012

        botol farpum maksud’y
        klo titk bulatan ya di jahit ga bisa di ubah ubah gi donk
        jarum nya kita tusukan ke bahan tali kur apa jarum nya kita lilikan ampe ke kawat

  31. botol farum makusud ya
    klo uda kita jahit ga bisa di ubah ubah lagi dong
    peniti yg paling keci kang
    nah itu yg kita tusuk ke jarum. kain bahan ya
    apa kita lilitkan peniti kiata smpe ke nglilitin kawat di tali kur………..

    Balas

    • bayuonvixion

      23 Juli 2012

      botol parfum maksud nya…

      iya…
      tinggal potong aja benang jahitan nya klo kita mw merubah bentuk talikur nya…

      iya peniti kecil…

      peniti di masukin lewat belakang kain seragam kita, trus tancepin sedikit aja ke bagian talikur yang nempel di baju kita…

      ga usah sampe ngelilit semua kawat talikur…

      Balas

  32. iyan kozoet

    20 Juli 2012

    botol farpum maksud ya
    klo titk temu bulatan di jahit ga bisa di ubah ubah lagi donk
    peniti kita tuskan ke bahan tali kur apa peniti ya kita lilitkan ampe ke kawat

    Balas

    • bayuonvixion

      23 Juli 2012

      titik temu bulatan di jahit bisa untuk merubah lagi, tinggal potong aja benang jahitan nya…

      peniti nya cukup di tusukan ke bahan talikur saja, gak usah sampe kawat nya…

      Balas

  33. lezthary

    24 Juli 2012

    tapi biasax pake kawat,,biar bsa d bentukk,,tolong donk,d liatin model tali kur lainnya,,

    Balas

  34. om.fals

    25 Juli 2012

    mang sertiap pendidikan taruna buletan tali kur ya beda beda ya………….

    Balas

  35. om.fals

    13 Agustus 2012

    oooo…………

    Balas
  36. kakak .. ada talikur buat PDL gk ?? kalo ada saya mau beli ….. (SMK PENERBANGAN ANGKASA)

    Balas
    • saya gak jualan diks…
      klo mw beli mungkin adik bisa hubungi soaudara yg ada di sekiaran komplek kampus IPDN jatinangor…

      atau juga adik bisa berteman dengen praja IPDN kampus jatinangor dan minta bantuan untuk beli itu talikur…

      Balas
      • ka saya mau tanya ! jika warna biru itu artinya apa ka,, sedangkan yang hitam dan kuning saya sudah tau ka

  37. tlong cariin gmbar model” tali kur y om..
    .. bwt d’cntoh gtu ..hhehehe…

    Balas

  38. Abil oia

    22 Oktober 2012

    :) M’af…
    Kalau boleh bertanya juga, darimanakah asal pemikiran adanya talikur itu bagi para akademik masih militer itu.?

    Balas
  39. Filosofinya udh bagus, cuman ya itu… :D

    Balas

  40. rhystu anggi

    17 Februari 2013

    saya pemegang talikur kuning di SMKN 1 kalipuro (ATT IV),, tolong dong beri informasi tentang motif talikur

    Balas
  41. filosofi tali kur combat ??

    Balas
    • Klo gak salah warna ungu melambangkan warna baret yg dipakai sebagai warna tentara pelajar / menwa,, warna putih nya melambangkan kesucian…

      Balas
  42. saya pernah pakai biru putih waktu jd resimen .. hhaha

    Balas
  43. asalmualikmm,,izin nanya,,klw pesan atau beli tali kur yang sudah di bentuk atau di variasi dmna ndan

    Balas

  44. feri angga

    17 April 2014

    ternyata banyakan komentar nya, kak abay jualan tali kur aja skalian antar aku ke ipdn ya??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: